Kereta Api Pertama dari China ke London di Tahun 2017



Kereta barang pertama dari Wiyu, China tiba di London
    Pada tangal 3 januari tahun 2017, untuk pertama kalinya dalam sejarah dunia, China meluncurkan kereta api lintas negara ke London, Inggris. Jarak dari China ke Inggris sejau 12.000 kilometer atau setara dengan 7.500 mil, ditempuh selama 18 hari perjalanan dari Yiwu (provinsi Zhejiang, China) sebelum akinrya sampai di gudang barang di Barking, London, Inggris.Rute pengiriman dari Yiwu menuju London, menjadi rute pengiriman kereta api terpanjang kedua di dunia setelah Yiwu-Madrid, yang membentang sejauh 12.874 kilometer atau setara dengan 8.000 mil. Rute ini termasuk dalam rute jarak jauh China ke Eropa dalam New Eurasian Land Bridge dalam proyek Belt and Road. 

    London, Inggris merupakan negara ke-15 di Eropa yang memiliki jaringan kerjasama melalui kereta api ke China. Adapun rute yang dilalui oleh kereta api barang tersebut adalah sebagai berikut, Yiwu (provinsi Zhejiang)-Zhengzhou-Xian-Lanzhou-Gansu-Tibetan Plauteau-Xinjiang-Kazakhstan (Almaty dan Astana)-Belarus (Minsk)-Polandia (Warsaw)-Berlin-Euurotunel (via Calais)-London. Pengiriman barang melalui kereta api memiliki selisih waktu 20 hari dibandingkan jika menggunakan kapal laut. Dimana pengiriman dengan kereta hanya membutuhkan waktu kuran glebih 18-20 hari sedangkan dengan kapal laut selama 40 hari.

    Meskipun demikian layanan logistik melalui kereta api, dinilai jauh lebih murah dibandingkan dengan pesawat dan jauh lebih cepat dari kapal laut. Meskipun memiliki daya angkut yang lebih sedikit dibandingkan dengan kapal laut. Dimana dengan menggunakan kereta api, daya angkut pengiriman berkisar pada 88 pengiriman kontainer.Kereta api dinilai memiliki nilai lebih dalam aspek kenyamanan dan fleksibelitas. Dimana dengan menggunakan KA, dapat membuat beberapa pemberhentian yang memungkinkan untuk dilakukannya mengambil maupun menurunkan muatan sepanjang perjalanan. Angkutan dengan kereta api cenderung tidak bergantung pada kondisi cuaca seperti halnya pesawat dan kapal laut.

Kereta pertama dari London ke Wiyu pada bulan Mei 2017
    Tantangan terbesar dari rute perjalanan barang menggunakan kereta api adalah pada gauge (lebar rel) yang berbeda di beberapa negara, serta hambatan teknis lainnya dan birokrasi yang berbeda di setiap negara. Dalam perjalanannya dari China menuju London, Inggris, kereta tersebut mengalami dua kali perubahan gauge (lebar rel), dimana China menggunakan standar internasional yaitu 1,435 mm (4 kaki 8,1 inchi) sedangkan Rusia menggunakan rel yang lebih lebar yaitu 1,520 mm (4 kaki 11 inchi) dan saat memasuki Eropa, lebar rel kembali menggunakan standar internasional 1,435 mm. Layanan kereta barang tersebut, diprakarsai oleh perusahaan East Wind bersama dengan Yiwu Timex Industrial. lokomotif yang membawa sebanyak 34 kontainer tersebut membawa pakaian, peralatan rumah tangga, tas, koper dan barang-barang lainya yang memiliki nilai 4 juta poundsterling.

    Dalam tahap uji cobanya, kereta tersebut akan memiliki jadwal perjalanna satu minggu sekali, sebagai tahap penyesuaian dengan permintaan. Kedua pemerintahan baik China maupun Inggris berharap, bahwa kerjasama tersebut akan dapat terus belangsung dan perjalanan KA dapat dibuat permanen. Tiga bulan kemudian sejak diluncurkan KA pertama dari China ke London, tepatnya pada tanggal 10 April, juga diluncurkan KA dari arah sebaliknya yaitu London-Yiwu, China yang memiliki waktu tempuh lebih lama dua hari dari arah sebaliknya. Adapun rangkaian kereta barang yang terdiri dari 41 kontainer tersebut berisikan wiski, susu bayi, farmasi, mesin.

Daftar Bacaan

"First direct train service from China to yhe UK arrives in London, Train crossed ten countries on its 7,400-mile journey". 18 Januari 2017. Diakses melalui https://www.independent.co.uk/news/uk/home-news/first-direct-train-china-to-uk-arrives-east-london-yiwu-city-barking-channel-tunnel-a7533726.html (29/05/2017)

"First freight train from China arrives in London". 18 Januari 2017. Diakses melalui http://www.bbc.com/news/av/uk-38667988/first-freight-train-from-china-arrives-in-london (29/05/20018)

"First Direct London-China Freight Train Completes 12,000-Kilometre Run". 29 APril 2017. Diakses melalui https://www.ndtv.com/world-news/first-direct-london-china-train-completes-12-000-kilometre-run-1687379 (29/05/2018)

"First train from the UK to China completes its 7,500-mile journey". 1 Mei 2017. Diakses melalui https://www.standard.co.uk/news/world/first-train-from-the-uk-to-china-completes-its-7500mile-journey-a3527776.html (29/05/2018)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar