KA Logistik pertama dari China tiba di Rotterdam, Belanda (sumber:portofrottterdam.com) |
Pada hari Kamis
sore tanggal 23 Juli 2015, untuk pertama kalinya dalam sejarah KA barang
pertama yang menghubungkan rute China-Belanda tiba di Pusat Layanan KA di
Rotterdam, Belanda setelah berangkat meninggalkan Kunming (sebuah provinsi di
Yunnan, Tiongkok) pada tanggal 5 Juli 2015. KA barang yang membawa 80 kontainer
peti kemas tersebut, melakukan perjalanan kurang lebih selama 18 hari melewati
perbatasan Zabaykalks yang berada di antara China dan Rusia. Adapun rute yang
dilalui oleh KA tersebut adalah Kumming (China)-Zabaykalsk (perbatasan
China-Rusia)-Belarus-Brest/Malaszewicze (perbatasan Belarus-Polandia).
Dalam
perjalanannya tersebut, rangkaian KA kontainer harus melakukan perpindahan
gauge (lebar rel) dari standar gauge internasional yang menggunakan lebar rel
1435 mm ke lebar rel 1520 mm, yang mana lebih lebar dari standar lebar rel
internasional di kawasan Malaszewicze (sebuah kawasan yang berada di daerah
perbatasan Belarus/ Polandia). Dalam perjalannya melewati perbatasan antara
Belarus-Polandia tersebut, terdapat kerjasama dua perusahaan KA logistik dua
negara, yaitu antara Cargo Speed milik Belarus dan PKP Cargo milik Polandia.
Selanjutnya di
Polandia, perjalanan KA angkutan barang tersebut, ditangani langsung oleh
perusahaan bisnis angkutan kargo yang bernama PKP Cargo (Polskie Koleje
Panstwowe Cargo), yaitu sebuah perusahaan yang bergerak pada operator logistik
yang merupakan bagian dari PKP Grup di Polandia (PKP Group adalah sebuah
perusahaan KA yang dominan di Polandia, PKP Cargo sendiri merupakan bagian dari
PKP SA, yang dalam bahasa Inggris PKP SA memiliki kepanjangan arti dari Polish
State Railway). PKP Cargo sendri merupakan sebuah perusahaan KA logistik
(kargo) terbesar ke dua di kawasan Uni Eropa.
PKP cargo bekerjasama dengan perusahaan Rotterdam Rail Feeding, yang juga merupakan perusahaan KA barang reguler, yang beroperasi di seluruh wilayah negara Belanda. Dimana, sebagian besar daerah operasi Perusahaan Rotterdam Rail Feeding adalah, konektivitas antara jalur rel dengan pelabuhan.KA kontainer pertama tersebut, merupakan sebuah langkah penting dalam sejarah pengembangan kota Rotterdam sebagai pusat logistik multi-modal dan investasi bekelanjutan yang ada di Eropa. Sebagaimana kedepannya, ada potensi besar untuk meneruskan jalur logistik rangkaian KA kontainer tersebut, menuju Inggris.
PKP cargo bekerjasama dengan perusahaan Rotterdam Rail Feeding, yang juga merupakan perusahaan KA barang reguler, yang beroperasi di seluruh wilayah negara Belanda. Dimana, sebagian besar daerah operasi Perusahaan Rotterdam Rail Feeding adalah, konektivitas antara jalur rel dengan pelabuhan.KA kontainer pertama tersebut, merupakan sebuah langkah penting dalam sejarah pengembangan kota Rotterdam sebagai pusat logistik multi-modal dan investasi bekelanjutan yang ada di Eropa. Sebagaimana kedepannya, ada potensi besar untuk meneruskan jalur logistik rangkaian KA kontainer tersebut, menuju Inggris.
Daftar Pustaka
“Chinese
Containers reach Rotterdam by Rail”. 27 Juli 2015. Diakses melalui http://www.railwaygazette.com/news/freight/single-view/view/chinese-containers-reach-rotterdam-by-rail.html
(26/05/2018)
“Rotterdam Rail
Feeding”. Diakses melalui http://www.railfeeding.com/
(26/05/20018)
“First
train from China in Rotterdam”. 24 Juli 2015. Diakses
melalui https://www.portofrotterdam.com/en/news-and-press-releases/first-train-from-china-in-rotterdam
(26/05/2018)
“PKP
Cargo”. Diakses melalui https://www.pkpcargo.com/en/
(26/05/2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar